MASIGNCLEAN103

Pesan Hadlratussyekh Hasyim Asy'ari Agar Sukses Meraih Ilmu

Mencari ilmu hukumnya wajib bagi setiap muslim dan muslimat sejak lahir hingga keliang lahat. Ilmu Keesaan Allah atau tauhid adalah ilmu yang wajib diketahui dan dipelajari. 

Agar Sukses Meraih Ilmu

Dalam mencari ilmu memeiliki etika yang harus dilakukan agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Nah, pada tulisan ini, Kiai Fahrurozi, menguraikan tentang adab mencari ilmu agar suskes menurut Hadratussyekh Muhammad Hasyim Asy'ari, pendiri Nahdlatul Ulama. Adapun Adab-adabnya sebagai berikut :

1.Bagi para santri atau pelajar hendaknya menyucikan hati dari dengki, sombong dan bohong, sebelum memulai belajar

Karena hati tempat cahaya yang diberikan oleh Allah.

Imam Syafi'i mengatakan kepada gurunya Imam Malik. Aku mengadu kepada guruku Imam Baqi. Bahwa aku sulit menghafalkan. Lalu gurunya memberi petunjukan agar aku meninggalkan maksiat.

"Ilmu itu adalah cahaya dan cahaya Allah tidak diberikan kepada orang yg hati kotor". (Kiai Fahrurozi)

2.Memperbaiki niat

Mencari ilmu hendaknya semata-mata ingin Ridho Allah dan ingin mengamalkan ilmu. Hadis Ibnu Majah mengatakan barang siapa mencari ilmu dengan tujuan untuk menyombongkan diri, agar bisa dikenal. Kata Rasulullah orang seperti ini akan masuk neraka.

3.Mencarilah ilmu di waktu muda

Karena waktu muda adalah waktu yang istimewa. seorang anak adam nanti akan ditanya umurmu dihabiskan di mana dan masa muda mu dihabiskan di mana. Tapi mencari ilmu tidak ada batasan, tidak ada kata terlambat. Banyak ulama yang belajar di masa tua.
4.Bersikap hidup sederhana, tidak ada kata berfoya-foya

Imam Syafi'i mengatakan tidak akan sukse orang yang mencari ilmu dengan gaya hidup glamor. Contohnya Imam Syafii saat mencari ilmu hidup sederhana, sering kali menahan lapar. Maka darinya ekonomi bukan menjadi alasan untuk tidak menuntut ilmu.

5.Membagi waktunya

Gunakan waktu dengan baik. Jangan malas-malasan dan jangan terburu-buru.

6.Kurangi makan dan minum

Karena kalau terlalu banyak makan akan sulit konsentrasi.

7.Melatih diri dengan menjauhi barang yang subhat

Itulah sikap wirai. Agar tidak jatuh. Pastikan makanan yang halal. Makanan itu akan menjadi darah dan menjadi daging. 

Baca juga :
Inilah Ciri-ciri Ilmu yang Bermanfaat Menurut Imam Al-Ghazali

8.Jangan banyak tidur

"Kalau usia kita 63 tahun dan tidur 8 jam maka usia kita 20 tahun untuk tidur". (Kiai Fahrurozi)

Demikianlah tentang Kiat Sukses Meraih Ilmu Menurut Hadlratussyekh Hasyim Asy'ari yang bisa terpaparkan. Semoga bisa menjadikan wasilah pengingat dan pwmbelajaran kembali bagi kita semua dalam memahami dan mengamalkan apa yang sudah dijelaskan diatas.
Bagikan Ini Ke :
Admin