MASIGNCLEAN103

SUNNAH DAN FADHILAH DI BULAN RAJAB

Apabila datang bulan Rajab, Rasulullah SAW selalu mengucapkan do'a berikut ini :

اَللّهُمَّ بَارِكْ لَنَافِى رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِغْنَا شَهْرَرَمَضَانَ

"Ya Allah, berkahilah kami di dalam bulan Rajab dan Sya’ban. Dan jadikanlah kami dapat mencapai bulan Ramadhan".

Pada bulan inilah terjadi peristiwa Isra dan Mi'rai. dan Nabi Muhammad SAW diberi hadiah shalat oleh Allah SWT. Di bawah ini adalah sunnah-sunnah dan fadhilah-fadhilah di bulan Rajab :

SUNNAH DI BULAN RAJAB, FADHILAH DI BULAN RAJAB


1. Rasulullah bersabda, "Barangsiapa herpuasa pada hari Kamis, jum’at, dan Sabtu pada bulan Haram, maka Allah mencatat baginya ibadah dua tahun". (Hr. Thabrani)

2. Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa berpuasa satu hari pada bulan Rajab, maka la seperti berpuasa (selama) satu tahun; dan barangsiapa berpuasa selama tujuh hari, maka ditutup baginya tujuh pintu neraka jahanam ; dan barangsiapa berpuasa delapan hari, maka dibukakan baginya delapan pintu surga. dan barangsiapa berpuasa sepuluh hari, premintanya kepada Allah pasti Allah akan kabulkan; dan barangsiapa berpuasa lima belas hari, maka para malaiakat akan menyeru dari langit, 'Telah diampuni dosa-dosamu yang terdahulu, maka mulailah dengan amalan-amalan, dan kesalahan-kesalahamu telah digantikan dengan kebaikan' ; Dan barangsiapa menambah jumlah puasanya, maka Allah akan menambahnya pula".
3. Abu Qilabah r.a. berkata, "Di dalam surga terdapat sebuah istana yang disediakan khusus bagi orang-orang yang berpuasa pada bulan Rajab".

4. Rasulullah SAW bersabda, "Di dalam bulan Rajab ada satu hari dan satu malam yang barangsiapa berpuasa pada hari itu dan shalat malam pada malam itu, maka ia bagaikan berpuasa seratus tahun dan shalat malam seratus tahun. Hari itu ialah tiga hari terakhir".

5. Dari Anas r.a., marfu' kepada Nabi SAW,"Di dalam bulan Rajab terdapat satu malam yang barangsiapa beramal pada malam itu, maka akan dituliskan baginya amal kebaikan seratus tahun. Malam tersebut ialah tiga hari yang terakhir. Barangsiapa shalat pada malam tersebut sebanyak dua rakaat, dan pada setiap rakaatnya ia membaca surat al Fatihah dan salah satu surat dalam al Quran, kemudian bertasyahud pada setiap dua rakaat, kemudian membaca :

100 x  سُبْحَانَ اللّهِ وَالْحَمْدُلِلّهِ وَلاَاِلهَ اِلاَّاللّهُ وَاللّهُ اَكْبَرْ

100 x  اَسْتَغْفِرُاللّهَ الْعَظِيْمَ

          100 x اَللّهُمَّ صَلّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Dan ia berdo’a untuk dirinya baik dalam urusan duniawi maupun ukhrawi, kemudian berpuasa pada pagi harinya, maka Allah SWT akan mengabulkan do’anya, kecuali do’a untuk kemaksiatan. (Hr. Baihaqi)

6. Dari Anas r.a.,"Yang diistemawakan oleh Allah dari bulan- bulan (yang lainnya) adalah bulan Rajab, ia adalah bulan Allah Barangsiapa mengagungkan bulan Rajab. berarti ia telah mengagungkan perkara yang berhubungan dengan Allah SWT. Dan barangsiapa mengagungkan Allah, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga dan diwajibkan baginya ridhaNya yang agung". (Hr. Baihaqi)

7. Dari Ibnu Abbas r.a., "Sesungguhnya Rasulullah SAW melarang berpuasa pada bulan Rajab sebulan penuh’. (HR. Ibnu Majah)

Demikian sunnah dan fadhilah di bulan Rajab yang bisa dipaparkan. Semoga menjadi acuan pengingat kembali akan keistimewaan bulan Rajab. Dan tentunya bisa diamalkan dengan menjalankan setiap sunnah-sunnah yang diajarkan Rasulullah SAW seperti yang sudah  disebutkan diatas.
Bagikan Ini Ke :
Admin