MASIGNCLEAN103

Inilah Hadits Tentang Menuntut Ilmu

Kita sebagai muslim yag baik diharuskan menuntut ilmu, karena merupakan seuatu ibadah yang wajib dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Agar terhindar dari kebodohan dan senantiasa mengetahui semua kebesaran Allah SWT. Hadits tentang menuntut ilmu disabdakan baginda Nabi Muhammad Rasulullah SAW :

عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ : قَالَ رَسُوُلُ اللّهِ صَلّى اللّهُ عَلَيهِ وَسَلّمَ طَلَبُ الْعِلمِ فَرِيْضَةٌعَلى كُلِّ مُسْلِمٍ وَوَاضِعُ الْعِلْمِ عِنْدَغَيْرِ اَهْلِهِ كَمُقَلِّدِالْخَنَازِيْرِالْجَوْهَرَوَاللُّؤْلُؤُوالذَّهَبُ رواه ابن ماجه

"Dari Anas bin Malik, ia berkata,"Rasulullah SAW bersabda, 'mencari ilmu itu wajib bagi setiap orang muslim. Memberikan ilmu kepada orang yang bukan ahlinya (tidak tepat), seperti orang yang mengalungi babi dengan permata, mutiara, atau emas' ".(HR. Ibnu Majah)

Hadits Tentang Menuntut Ilmu


Penjelasan Hadits

Hadits riwayat Ibnu Majah tersebut mengandung pengertian bahwa mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim. Kewajiban itu berlaku bagi laki-laki ataupun perempuan, anak-anak ataupun dewasa. Dengan demikian, tidak ada alasan untuk malas mencari ilmu. llmu yang wajib diketahui oleh setiap muslim adalah ilmu-ilmu yang berkaitan dengan tata cara peribadahan kepada Allah SWT. Hal itu disebabkan setiap muslim wajib beribadah kepada Allah SWT, sedangkan beribadah kepada Allah SWT tanpa mengetahui ilmunya dapat mengakibatkan kesalahan. Apabila dalam beribadah salah tata caranya, ibadah itu tidak akan diterima Allah SWT.

llmu-ilmu yang bersifat keduniaan, seperti kedokteran, ekonomi, matematika, atau ilmu yang lain merupakan suatu keutamaan. Mencari ilmu ilmu tersebut hukumnya adalah fardu kifayah. Maksudnya, apabila sebagian orang Islam sudah ada yang mempelajarinya, sebagian yang lain sudah terbebas dari hukum. Meskipun demikian, kita tidak boleh menganggap remeh ilmu-ilmu tersebut.

Dalam hadits tersebut juga disebutkan bahwa mengajarkan suatu ilmu kepada orang yang tidak paham adalah perbuatan sia-sia. Maksudnya, ilmu itu harus disampaikan sesuai dengan tarap berpikir si penerima ilmu. Memberikan secara tidak tepat diibaratkan mengalungkan perhiasan pada babi. Meskipun dikalungi perhiasan, babi tetap saja sebagai binatang kotor yang menjijikkan.

Baca juga :
Inilah Pesan Rosulullah Mengenai Waktu
Apabila setiap orang Islam menyadari pentingnya menuntut ilmu, semua akan berlomba-lomba mendapatkannya. Banyak manfaat yang diperoleh orang yang menuntut ilmu, di antaranya:

a. Orang yang mencari ilmu akan memperoleh pahala seperti orang yang berjihad. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW :

عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ : قَالَ رَسُوُلُ اللّهِ صَلّى اللّهُ عَلَيهِ وَسَلّمَ : مَنْ خَرَجَ فِى طَلَب الْعِلمِ كَانَ فِى سَبَيْلِ اللّهِ حَتَّ يَرْخِعُ رواه الترمذي

Artinya: Dari Anas bin Malik, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda "Orang-orang yang keluar untuk mencari ilmu maka ia berada dijalan Allah hingga ia kembali ke rumahnya".(HR. At-Tirmidzi dari Anas bin Malik)

Orang yang menuntut ilmu, sejak keluar rumah sampai ia kembali, termasuk orang yang berjuang di jalan Allah. Hal ini menunjukkan betapa besar penghargaan Rasulullah SAW terhadap orang-orang yang bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu. Apabila ia mati dalam menuntut ilmu, Insya Allah ia termasuk golongan orang yang mati syahid. Hadis ini sekaligus memberikan motivasi kepada kita agar gemar menuntut ilmu.

b. Menuntut ilmu mempunyai keutamaan lebih baik daripada shalat seratus rakaat. Hal itu sesuai sabda Rasulullah SAW. kepada Abu Dzar berikut ini:

يَااَبَاذَرِّلاَنْ تَغْدُوَفَتَعَلّمَ اَيَةًمِنْ كِتَابِ اللّهِ خَيْرُلَكَ مِنْ اَنْ تُصَلِّيَّ مِائَةَ رَكْعَةٍ رواه ابن ماجه

Artinya :
 "Wahai Abu Dzar, keluarmu dari rumah dipagi hari untuk mempelajari suatu ayat dari kitab Allah SWT, itu lebih baik daripada engkau mengerjakan shalat seratus rakaat".(HR. Ibnu Majah dari Abu Dzar)

Orang yang menuntut ilmu meskipun hanya mempelajari satu ayat Al Qur'an, kebaikannya melebihi orang yang shalat sunah seratus rakaat. Mengingat demikian besarnya pahala menuntut ilmu, seharusnya umat Islam memiliki semangat belajar yang tinggi.

c. Orang yang suka mencari ilmu akan dimudahkan jalannya menuju surga dan dinaungi para malaikat. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW :

مَنْ سَلكَ طَرِيْقًايَبْتَغِي فِيْهِ عِلْمًاسَلَكَ اللّهُ بِهِ طَرِيْقًااِلَى الْجَنَّةَوَاِنَّ الْمَلاَئِكَةَ لَتَضَعُ اَجْنَحَتَهَا رِضَاءًلِطَلِبِ الْعِلْمِ رواه الترمذي

Artinya:
"Barangsiapa mencari jalan mencari ilmu, Allah SWT akan memudahkan baginya jalan ke surga. Sesungguhnya para malaikat menaungkan sayap-sayapnya kepada orang yang menuntut ilmu karena senang (terhadap apa yang diperbuat)". (HR. At-Tirmidzi dari Abu Ad Darda')

Rasulullah SAW memberikan motivasi kepada umat Islam agar tertarik kepada ilmu dan berusaha untuk memilikinya. Hadis di atas mengandung satu syarat dan dua jawab. Syarat ialah suatu yang harus dimiliki (dilakukan) manusia. Jawab ialah janji yang akan ditepati Allah kepada orang yang memiliki persyaratan tersebut. Syarat yang harus dimiliki seseorang dalam hadits tersebut ialah mau berusaha menuntut ilmu. Jika hal itu sudah dilakukan, Allah SWT akan memberikan janjinya, yaitu memudahkan jalan ke surga dan akan selalu dinaungi malaikat.

d. Menuntut ilmu menambah pengetahuan yang belum diketahui, sebagaimana dalam hadits berikut.

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللّهُ عَنْهُ قَالَ اَنَّ رَسُوُلُ اللّهِ صَلّى اللّهُ عَلَيهِ وَسَلّمَ : وَمَنْ تَعَلَّمَ فَعَمِلَ عَلَّمَهُ اللّهُ مَالَمْ يَعْلَمْ رواه ابوشيخ

Artinya: "Dari Ibnu Abbas RA, Bahwa Rasulullah SAW. bersabda "Barangsiapa belajar ilmu dan mengamalkannya, Allah akan mengajarkan apa yang belum diketahuinya". (HR. Abu Syaikh)

Seseorang yang mau menuntut ilmu dan mengamalkannya, Allah SWT akan mengajarkan kepadanya tentang sesuatu yang belum diketahuinya. Setelah memperoleh ilmu manusia mempunyai kewajiban mengamalkannya. Dengan mengama)kan ilmu itu seseorang akan mendapat pengalaman yang berharga dalam hidupnya.

Demikian hadits tentang menuntut ilmu yang bisa terpaparkan. Semoga bisa menjadi wasilah untuk kita semua untuk terus menuntut imlu, khususnya ilmu agama. Agar kehidupan kita dipenuhi berkah dan mendapat keridoan Allah SWT.
Bagikan Ini Ke :
Admin