MASIGNCLEAN103

Kisah Singkat Nabi Adam A.S

Sesudah langit dan bumi, malaikat dan Jin atau Iblis diciptakan, Allah menciptakan makhluk yang yang bernama Adam, yang akan diperintah untuk mengelola bumi. Hal itu diutarakan kepada para malaikat. Aku akan menciptakan manusia untuk menjadi pengatur bumi”.

Kisah Singkat Nabi Adam A.S

Para malaikat mengira Adam akan lalai dalam menjalankan tugasnya, maka mereka berkata; "Mengapa Allah menciptakan manusia?, Bukankah mereka hanya akan berbuat kerusakan di atas bumi, mereka akan saling bermusuhan dan saling membunuh. Sedangkan kami para malaikat senantiasa patuh dan mengagungkan namaMu?".


Untuk menghilangkan kekawatiran para malaikat itu, Allah kemudian berfirman, Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui”. Para malaikat bungkam mendengar penegasan Allah itu. Dan menyadari Allah maha mengetahui atas segala sesuatu. 

Demikainlah Allah kemudian menciptakan Adam dari tanah liat dan lumpur hitam. Setelah terbentuk kemudian dimasukkan roh kedalammnya. Dan kemudian hidup,  bisa berdiri tegak. Allah kemudian memerintahkan para malaikat untuk bersujud atau menghormat kepada Adam. Para malaikat pun bersujud sebagai pernyataan hormat dan ucapan selamat atas terciptanya makhluk yang sama diciptakan Allah. Hanya Iblis yang tidak mau bersujud. Ia membangkang perintah Allah.

Allah bertanya, "Apakah yang membuat engkau tidak mau bersujud kepada Adam ?".

"Kami lebih baik daripada dia. Engkau ciptakan kami dari api sedang dia hanya Engaku ciptakan dari segumpal tanah," kata Iblis menyombongkan diri.

Yang berpendapat api lebih baik daripada tanah adalah Iblis sendiri. Padahal hanya Allah lah yang Maha tahu siapa yang lebih mulia diantara makhluk ciptaanNya. Allah murka mendengar jawaban Iblis, "Hai Iblis keluarlah engkau dari syurga. Sungguh tidak patut kau tinggal disini lagi dan terkutuklah engkau selama- lamanya !".

Iblis berkata, "Wahai Allah! Engkau kutuk dan usir kami dari syurga karena Adam. Kami rela, tapi kabulkanlah perniohonan kami untuk hidup lama hingga hari kiamat nanti". 

Permohonan Iblis dikabulkan. Ia akan dibiarkan hidup sampai hari kiamat tiba. Iblis kemudian bersumpah, "Ya, Allah karena Engkau telah menghukum kami sebagai makhluk yang tersesat, maka saya akan menghalang-halangi Adam dan keturunannya dari jalan-Mu yang lurus. kami akan mendatangi mereka dari muka dan belakang, dari iri dan dari kanan. Itulah sumpah Iblis yang bertekad akan menyesatkan Adam dan keturunannya, agar mereka menjauhi petunjuk dan perintah Allah, agar berbuat kekacauan di muka bumi, saling bermusuhan dan membunuh satu sama lain".

Allah SWT berfirman, Untuk melawan segala tipu daya dan akal busukmu, "Aku beri manusia senjata yang ampuh. Dengan akal itu Aku membimbing mereka dengan petunjuk-petunjuk (agama). Aku tuntun mereka ke jalan yang benar. Dengan akal itu manusia akan mampu membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Siapa tidak menggunakan akalnya tentu dapat kau sesatkan. Mereka yang sesat itu, akan mempertanggung jawabkan perbuatannya padaKu di hari kiamat nanti".

Mendengar firman Allah, Iblis semakin benci kepada Adam. la kemudian mendekati Adam. Diperiksanya seluruh tubuh Adam. la ingin mencari titik kelemahan Adam. Akhirnya dapat ditemukannya, yaitu nafsu. Nafsu cenderung melakukan perbuatan yang buruk. Bila manusia cenderung menurutkan hawa nafsunya maka sangat mudah bagi Iblis untuk menjerumuskannya. Allah SWT kemudian mengajarkan kepada Adam nama-nama benda yang dilihatnya.

Dengan demikian Adam mengetahui nama-nama benda yang ada di muka bumi. ltulah pengetahuan pokok yang nanti diperlukannya untuk mengatur dan memelihara bumi. Kepada para malaikat, Allah ingin membuktikan kemampuan manusia untuk mengatur dan memelihara bumi.

Berfirmanlah Allah kepada para malaikat, "Sebutkanlah kepadaKu nama-nama benda itu !".

"Maha Suci Engkau ya Allah. Tidak ada yang kami ketahui selain apa yang Engkau ajarkan kepada kami. Hanya Engkaulah yang mengetahui segala-galanya", kata para malaikat dengan penuh takdzim.

"Hai Adam, beritahukanlah kepada mereka nama benda- benda itu !". firman Allah.

Adam kemudian menyebut nama-nama benda-benda yang diketahuinya. Para malaikat kagum, mereka memberi hormat sehormat-hormatnya.

"Bukankah sudah Kukatakan, Aku mengetahui rahasia langit dan bumi? Aku lebih mengetahui apa yang tidak mau ketahui?". firman Allah kepada para malaikat. 

Para malaikat lalu memuja dan mengagungkan Allah. Mereka semakin menaruh hormat kepada Adam. Ternyata Adam telah mengetahui apa yang belum mereka ketahui. Allah kemudian memberikan Adam sebuah tempat yang nyaman dan sentosa yaitu syurga, Tempat itu indah permai, segala kebutuhan hidup telah tersedia. Kebun sorga penuh dengan buah-buahan yang rasanya lezat. Air sungainya jernih dan berbau harum. Pohon, tumbuhan dan rumput seperti ditata rapi, teduh dan nyaman sekali. Sebenarnya tempat itu sangat nyaman dan nikmat sekali. Adam berkeliling menjelajahi kebun-kebun dan taman-taman. Tapi ia merasa kesepian karena tidak mempunyai kawan.

Demikianlah paparan kisah singkat Nabi Adam A.S yang bisa dijelaskan, semoga dapat menambah rasa keimanan kita terhadap rasa iman kepada Nabiyallah. Dan semoga bisa dapat dihafal dan diamalkan dengan menceritakan kembali kepada generasi muda islam.
Bagikan Ini Ke :
Admin