MASIGNCLEAN103

Makanan Dan Minuman Yang Haram Menurut Ilmu Fiqih

Semua jenis makanan dan minuman yang dilarang Allah SWT hukumnya Haram. Haram itu dapat di bagi dua yaitu:

1. Haram 'Aini
Maksudnya adalah semua yang diharamkan karcna jenis benda itu sendiri. Misalnya: bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang disembclih bukan karcna Allah.

2. Haram Sabibi
Artinya haram karena sebab. Maksudnya adalah segala sesuatu yang diharamkan, karena sebab cara mendapatkanya dilakukan dengan cara yang tidak dibenarkan oleh Agama Islam. Misalnya barang-barang hasil curian, korupsi, tipuan, undian dan lain sebagainya.

Makanan Dan Minuman Yang Haram, Makanan Dan Minuman Yang Haram Menurut Ilmu Fiqih

Makanan yang Haram

Makanan yang haram adalah setiap makanan yang diharamkan Allah SWT dan Rasul-Nya. Makanan yang diharamkan itu dapat merusak diri orang yang memakannya. Oleh sebab itu, dilarang dalam syari'ah Islam memakannya. Di antara makanan yang haram itu telah dijelaskan dalam Al Qur’an surat Al-Maidah ayat 3, yang berbunyi :


حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنزِيرِ وَمَآ أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّـهِ بِهِۦ وَالْمُنْخَنِقَةُ وَالْمَوْقُوذَةُ وَالْمُتَرَدِّيَةُ وَالنَّطِيحَةُ وَمَآ أَكَلَ السَّبُعُ إِلَّا مَا ذَكَّيْتُمْ وَمَا ذُبِحَ عَلَى النُّصُبِ وَأَن تَسْتَقْسِمُوا۟ بِالْأَزْلٰمِ ۚ ذٰلِكُمْ فِسْقٌ ۗ الْيَوْمَ يَئِسَ الَّذِينَ كَفَرُوا۟ مِن دِينِكُمْ فَلَا تَخْشَوْهُمْ وَاخْشَوْنِ ۚ الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِى وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلٰمَ دِينًا ۚ فَمَنِ اضْطُرَّ فِى مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجَانِفٍ لِّإِثْمٍ ۙ فَإِنَّ اللَّـهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ ﴿المائدة:٣
Artinya:

"Diharamkan bagimu (memakan bangkai, darah, daging babi, dan daging hewan yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuhp yang ditanduk dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu sembclih, dan diharamkan bagimu yang disembelih untuk berhala".
(Q.s. Al-Maidah : 3)

Selain dari itu juga diharamkan makan makanan yang terkena racun, atau terkena najis. Scpcrti minyak goreng atau mentega yang di dalamnya terdapat bangkai binatang.

Baca juga :
Makanan Dan Minuman Yang Halal Menurut Ilmu Fiqih
Minuman yang Haram

Minuman yang haram ada beberapa macam, diantaranya :

a. Minuman yang memabukkan, baik sedikit maupun banyak. Jadi meminum minuman yang memabukkan itu walaupun sedikit dan tidak sampai mabuk, hukumnya tetap haram. Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW :


كُلُّ مُسْكِرٍخَمْرٌوَكُلُّ مُسْكِرٍحَرَامٌ رواه مسلم 
Artinya:

"Tiap-tiap yang memabukkan itu khamar dan tiap-tiap yang memabukkan itu haram". (HR. Muslim)

Minuman yang memabukkan antara lain: Arak, tuak , Minuman keras dan sebagainya.

b. Minuman yang terkena najis.

c. Minuman yang terkena racun.

d. Susu binatang yang haram dimakan seperti: susu kucing, susu anjing, susu babi dan sebagainya.

Termasuk yang diharamkan adalah menghisap atau menyuntikan benda yang membahayakan tubuh seperti: ganja, morfin, candu dan sebagainya.

Demikanlah tentang Makanan dan Minuman Yang Haram yang bisa terpaparkan, semoga bisa menjadi bahan pembelajaran kembali bagi kita dalam mengetahui apa yang sudah dijelaskan diatas, agar kita senantiasa bisa mengamalkannya dikehidupan sehari-hari.
Bagikan Ini Ke :
Admin