MASIGNCLEAN103

Inilah Dua Do'a Yang Diajarkan Rosulullah Untuk Menghindari Kesulitan Hidup

Inilah Dua Do'a Yang Diajarkan Rosulullah Untuk Menghindari Kesusahan Hidup - Hidup adakalanya diatas dan dibawah, Senang dan susah silih berganti. Itu semua adalah kehendak Allah SWT. Kita sebagai makhluknya hanya bisa merima dengan rasa syukur dan sabar. Semua pemberian dari-Nya adalah cobaan ataupun musibah. Maka dari itu kita dituntut agar senantiasa iman dan taqwa dalam menjani kehidupan di dunia ini.

 Do'a Kesulitan Hidup, Rosulullah

Kesulitan hidup adakalanya bersumber dari makhluk itu sendiri, seperti yang berbuat kotor dan keji. Dengan rasa ketidak senangan kepada sesamanya, manusia itu bisa menyekutukan Allah SWT untuk menyakiti manusia yang ia tidak senangi, seperti mengguna-gunai (Santet). Fenomena ini bisa dikatakan lumrah adanya. Melihat beberapa kasus yang sudah ada. Maka dari itulah kita sebagai manusia yang senantiasa beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, untuk menjauhi perilaku tersebut, yang bisa menyakiti sesama ciptaan-Nya. Agar tidak mendapat dosa besar dan menjerumuskan kedalam api neraka.

Dan sumber yang lain adalah seperti adanya perilaku peminjaman harta antar manusia. Mereka saling meminjam harta kepada sesamanya, untuk keperluan kehidupannya. Apakah itu kehidupan yang berlandaskan aqidah ataupun tidak, kegiatan itu sudah menjadi hal yang wajar didalam kehidupan di dunia ini. Namun karena beberapa alasan, proses peminjaman harta selalu memiliki halangan, seperti tidak bisa menempati janji dalam membayarkan pinjamannya sesuai akad perjanjian. Kejadian ini membuahkan kesulitan dan kesedihan bagi manusia yang mengalaminya.

Kedua fenomena diatas sudah ada terjadi di masa Nabi Muhammad SAW. Dengan adanya hikayat yang dihaditskan oleh perawi hadits. Hikayat mendapatkan guna-guna dan masalah kesusahan membayar pinjaman (Hutang). Kadua masalah dalam hikayat ini mendapatkan penangkal langsung dari Nabi, dengan adanya pemberian dan petunjuk do'a yang diajarkan oleh Rasulullah SAW agar terbebas dari kedua cobaan atupun musibah itu. Adapun kedua do'a tersebut adalah :

1. DO’A UNTUK MELINDUNGI DIRI DARI GUNA-GUNA
Suatu ketika Ka'ab Ahbar r.a. berkata, "Orang Yahudi mungkin telah mengubahku menjadi seekor keledai, jika saja bukan karena do’a yang selalu aku baca. Seseorang bertanya, "Bagaimana do’anya." la menjawab:

اَعُوْذُبِوِجْهِ اللّهِ الْعَظِيْمِ الَّذِىْ َليْسَ شَىْءٌاَعْظَمَ مِنْهُ بِكَلِمَاةِاللّهِ التَّامّاتِالَّتِى لَايُجَاوِزُهُنَّ بِرُّوَلَافَاجِرٌوَبِاَسْماءِاللّهِ الْحُسْنى مَاعَمِلْتُ مِنْهَاومَالَمْ اَعْلَمْ مِنْ شَرّمَاخَلَقَ َوَذَرَاءَوَبَرَاءَ

"Aku berlindung kepada wajah Allah yang Maha Indah, tidak ada sesuatu pun yang dapat menyamai-Nya di dalam Keindahan, dan aku melindungi kepada perkataan Yang Maha Mulia dari Allah bahwa tidak ada seorang pun, shalih atau tidak shalih dapat dilampaui, dan aku berlindung dcngan nama-nama Allah rang Mulia yang aku ketahui dan yang tidak aku ketahui dari kejahatan apa yang Dia ciptakan dan Dia bentuk dariyang tidak ada". (al Muwaththa, Imam Malik)

2. DO’A UNTUK MERINGANKAN KESULITAN DAN HUTANG
Abu Sa'id al Khudri r.a. menceritakan bahwa pada suatu ketika seseorang datang kepada Nabi SAW. dan berkata, "Wahai Rasulullah SAW. saya telah kewalahan dengan kesusahan dan hutang-hutang." Nabi SAW bersabda kepadanya, "Maukah aku ajarkan kepada engkau sebuah do’a yang dengan berkah keutamaan dari pembacaannya yang terus-menerus, niscaya Allah SWT akan meringankan kesusahan dan menyelesaikan semua utang-utangmu?" Nabi SAW lalu menasihatinya untuk membaca do’a berikut ini setiap pagi dan petang:

اَللّهُمَّ اِنّىْ اُعُوْذُبِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَاَعُوْبِكَ مِنَ الْعَجَزِوَالْكَسَلِ وَاَعُوْبِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَاَعُوْبِكَ مِنْ غَلَبَةِالدَّيْنِ وَقَهْرِالرّجالِ

"Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesusahan dan kesedihan, dan aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, dan aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kebakhilan, dan aku berlindung kepada-Mu dari dililit utang dan tekanan orang orang."

Kemudian orang itu sendiri menceritakan bahwa ia membaca do’a tersebut secara terus-menerus selama beberapa hari, dan setelah itu semua kesusahannya sirna dan semua utang-utangnya pun terbayar." (Hr. Abu Dawud)

Demikianlah paparan berkaitan tentang dua do'a yang diajarkan Rasulullah SAW berkenaan kedua cobaan didalam kehidupan di dunia ini. Semoga kita bisa mengambil hikmah dari penjelasan tulisan ini, dengan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan bisa mengamalkannya agar terbebas dari kedua cobaan atau musibah yang dicontohkan diatas.
Bagikan Ini Ke :
Admin