MASIGNCLEAN103

Do'a Agar Selamat Dari Malapetaka

Sudah menjadi kepastian tidak ada seorang pun yang menginginkan malapetaka di kehidupannya. Kita selalu menginginkan hidup dalam keadaan nyaman dan terhindar dari segala musibah. Maka sudah sepatutnya kita semua untuk terus meminta pertolongan kepada Allah SWT agar dapat terhindar dari segala malapetaka yang menimpa dalam kehidupan kita di dunia ini.

Meminta pertolongan kepada Allah SWT yakni dengan berdo'a. Do'a yang kita panjatkan sebenarnya bisa saja dalam bahasa apa saja, karena Allah maha mengetahui semua bahasa para hambanya. Tetapi dalam perihal do'a untuk mendapatkan keselamatan dari malapetaka, pernah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW pada jamannya. Maka sebagai umatnya, kita harus dan bisa mengamalkan apa yang sudah diajarkan dan dicontohkan oleh Nabi kita. Sebagai ladang pahala dan bentuk rasa cinta kita kepada Nabi Muhammad SAW.

Do'a Agar Selamat Dari Malapetaka, Do'a Agar Selamat Dari Musibah

Adapun do'a yang dicontohkan dan ajarkan oleh Nabi Muhammad SAW bisa dilihat dari hadits berikut:

اَللَّهُمَّ اَنْتَ رَبِّى لااِلهَ اِلاَّ اَنْتَ عَلَيكَ تَوَكَّلْتُ وَاَنْتَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ مَاشاءاللّهُ كَانَ وَمَا لَمْ يَشَاءْلَمْ يَكُنْ وَلاَحَوْلَ ولاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللّهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ اَعْلَمْ اَنَّ اللّهَ عَلى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ وَاَنَّ اللّهَ قَدْاَحَاطَ بِكُلِّ شَيْءٍعِلْمًا،اَللَّهُمَّ اَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّنَفْسِى وَمِنْ شَرِّكُلِّ دَابَّةٍاَنْتَ اَخِدٌبِنَاصِيَتِهاَاِنَّ رَبِّىْ عَلى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيْم

"Ya Allah, Engkaulah Tuhanku, tidak ada tuhan (yang patut disembah) selain Engkau. Aku bersandar kepada-Mu dan Engkau adalah Yang Memiliki 'Arasy Yang Agung. Apa pun Yang Allah kehendaki, pasti terjadi, dan apapun yang Allah tidak kehendaki pasti tidak akan terjadi. Tidak ada kekuasaan dan kekuatan kecuali dari Allah Yang Maha Tinggi dan Yang Maha Besar. Aku menyadari bahwa Allah mempunyai kekuasaan atas segalanya dan sesungguhnya pengetahuan Allah meliputi segalanya. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan diriku dan dari kejahatan semua makhluk hidup, Engkaulah yang memegang ubun-ubunnya (mengendalikan-nya). Sesungguhnya Tuhanku di atas jalan
yang lurus".

Baca juga :
Do'a Menurut Rasulullah SAW
Inilah Dua Do'a Yang Diajarkan Rasulullah SAW Untuk Menghindari Kesulitan Hidup
Dilaporkan dalam kitab Ibnu Sunni dari Talq Ibnu Habib bahwa seseorang datang dan memberi tahu Hadhrat Abu Darda r.a bahwa rumahnya terbakar. Mendengar hal itu Abu Darda r.a tanpa rasa cemas sedikit pun menjawab rumahnya pasti tidak akan terbakar, Allah Swt Akan menyelamatkannya. Karena ia telah mendengar dari Rasulullah SAW, bahwa jika seseorang mem baca do’a di atas pada permulaan hari, maka tidak akan ada malapetaka yang akan menimpanya hingga sore hari, dan jika dibaca pada sore hari, maka malapetaka tidak akan menimpanya hingga pagi hari.

Dalam kisah lain dinyatakan bahwa malapetaka tidak akan menimpa pembaca do'a itu, isterinya, anak-anaknya, dan segala yang dimilikinya.

"Abu Darda r.a. berkata, "Pagi hari itu aku telah membaca do’a tersebut, karena itu bagaimana mungkin rumahku terbakar. Kemudian ia berkata kepada oranng-orang, "Mari kita lihat". Mereka pergi bersama-sama ke rumahnya. Terlihat bahwa seluruh jalan itu terbakar, tetapi rumahnya yang berada di tengah-tengah selamat dan tidak terbakar".

Demikianlah paparan tentang do'a agar selamat dari malapetaka, semoga kita bisa menghafal dan mengamalkanya di kehidupan sehari-hari. Agar kita bisa trus mendapat lindungan dari Allah SWT dan mendapatkan pahala atas pengamalan do'a yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW yang kita bacakan.
Bagikan Ini Ke :
Admin