MASIGNCLEAN103

ASBABUN NUZUL SURAH AL - 'ALAQ AYAT 1 - 5

Dengan ilmu pengetahuan, diharapkan manusia dapat semakin menghayati kebesaran Allah SWT. Yang telah menciptakan alam semesta. Dalil yang mewajibkan untuk menuntut ilmu antara lain Surah Al 'Alaq ayat 1 -5. Yang mana surat ini adalah surat yang pertama kali diturunkan sekaligus diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW melalui pelantara malaikat Jibril. Adapun Asbabun Nuzul dari surat Al - ‘Alaq adalah sebagai berikut :

Kandungan surat , SURAH AL - 'ALAQ 1 - 5

SURAH AL - 'ALAQ 1 - 5

1. Bacalah dengan. (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan.
2. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
3. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah.
4. Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam.
5. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah RA, ia berkata bahwa permulaan wahyu kepada Rasulullah SAW. Ia bermimpi baik pada waktu tidur. Biasanya mimpi yang dilihat itu jelas, sebagaimana cuaca pagi. Kemudian, timbullah pada diri beliau meninggalkan keramaian. Untuk itu, beliau pergi ke Gua Hira untuk berkhalwat. Beliau melakukannya beberapa hari. Khadijah, istri beliau, menyediakan pembekalan untuk beliau.

Pada suatu saat, datanglah malaikat (Jibril) kepada beliau. Malaikat itu berkata, "lqra' (bacalah)!" 
Beliau menjawab, "Aku tidak pandai membaca".
Malaikat mendekap beliau hingga beliau merasa kepayahan. Malaikat itu kembali berkata, "Bacalah!".
Beliau menjawab lagi "Aku tidak pandai membaca".
Setelah tiga kali beliau menjawab seperti itu, malaikat membacakan Surah Al 'Alaq 1 - 5.

Setelah selesai membacakan kelima ayat tersebut, malaikat pun menghilang. Tinggallah beliau seorang diri dengan perasaan ngeri (takut). Beliau segera pulang menemui Khadijah. 
Beliau tampak gugup sambil berkata, "Zammiluni, zammiluni (selimuti aku, selimuti aku)".

Setelah mereda rasa takut dan dinginnya, Khadijah meminta beliau untuk menceritakan kejadian yang dialami.

Setelah mendengar cerita yang dialami beliau, Khadijah berkata, "Demi Allah, Allah tidak akan mengecewakanmu selama-lamanya. Engkau adalah orang yang suka menghubungkan kasih sayang dan memikul yang berat".

Siti Khadijah segera mengajak beliau untuk menemui Waraqah bin Naufal, paman Khadijah. Dia adalah seorang pendeta Nasrani yang sangat memahami Kitab Injil. Setelah bertemu dengannya, Khadijah meminta Rasulullah SAW. untuk menceritakan kejadian yang dialami semalam.

Setelah Rasulullah SAW selesai menceritakan pengalamannya semalam, Waraqah berkata, "Inilah utusan, sebagaimana Allah SWT pernah mengutus Nabi Musa AS. Semoga aku masih dikaruniai hidup sampai saatnya engkau diusirkaumku".

Rasulullah SAW. bertanya, "Apakah mereka akan mengusir aku?".

Waraqah menjawab, "Benar! Belum pernah ada seorang nabi pun yang diberi wahyu seperti engkau, yang tidak dimusuhi orang. Apabila aku masih mendapati engkau, pasti aku akan menolong engkau sekuat-kuatnya". (HR. Al Bukhari, Bada'ul Wahyi No. 3)

Demikianlah paparan tentang Asbabun Nuzul surat Al - 'Alaq ayat 1 - 5 yang bisa dijelaskan. Semoga dapat menambah pengetahuan dan penginggat kembali akan kejadian turunnya wahyu yang pertama kepada Nabi kita, yakni Nabi Muhammad SAW.
Bagikan Ini Ke :
Admin