MASIGNCLEAN103

KETAHUI LAGI, ASAL MULA LANGIT DAN BUMI, MALAIKAT, JIN DAN IBLIS

ASAL MULA LANGIT DAN BUMI, MALAIKAT, JIN DAN IBLISKita sebagi umat manusia yang beragama islam tentunya harus mengetahui tentang asal mula langit dan bumi, Malaikat, Jin dan Iblis. Sebagai pengetahuan yang harus diketahui dan diamalkan kepada generasi penerus umat islam. Sehingga cerita asal mula makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT dapat diketahui dalam pemahaman agamanya. Maka dari itu marilah kita simak kembali cerita singkat asal mula makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT berkenaan judul yang ada diatas.

Asal Mula, Langit dan Bumi,Malaikat, Jin, dan Iblis

Sebelum Nabi Adam A.S diciptakan, Allah SWT telah menciptakan bumi dengan segala isinya, gunung-gunung, lautan, tumbuhan dan hewan. Bintang-bintang dan Matahari sebagai sumber cahaya dan panas ke bumi di siang hari, dan bulan sebagai penerang dan penghangat di malam hari.

Langit dan bumi oleh Allah SWT diciptakan dalam waktu enam hari saja. Satu hari disisi Allah sama dengan seribu tahun di dunia. Allah SWT Maha Kuasa dalam segala kehendaknya. Sebagaimana firman-Nya “Kun” (Jadilah!). Maka terjadilah apa yang dikehendaki-Nya.

Sesudah menciptakn langit dan bumi, Allah SWT menciptakan makhluk yang bernama Malaikat. Malaikat diciptakan dari Nur atau Cahaya. Malaikat adalah makhluk yang tunduk dan patuh kepada dan tidak pernah durhaka kepada Allah SWT.

Malaikat juga tidak mempunyai nafsu , tidak makan dan minum, tidur, melakukan perbuatan dosa, dan tidak berjenis kelamin. Malaikat mempunyai alam tersendiri yaitu alam ghaib yang tidak bisa ditembus dan dilihat oleh manusia.

Kemudian yang terakhir iblis dan jin. Mereka diciptakan oleh Allah SWT dari Api yang sangat panas. Mereka mempunyai jenis kelamin sama seperti manusia. Mereka ada yang patuh dan ada yang ingkar terhadap perintah Allah SWT. Mereka yang membangkang disebut Iblis dan Syetan. Iblis dan keturunannya adalah makhluk yang sangat durhaka dan jahat. Pekerjaannya adalah menggoda manusia agar tersesat dijalan Allah SWT.

Permintaan iblis untuk hidup sampai hari kiamat dikabulkan oleh Allah WT. Sebab dahulu ia adalah makhluk yang pernah patuh kepada Allah. Maka perpanjangan umurnya sampai hari kiamat sebagai balasan atas kebaikannya dimasa lalu sebelum Nabi Adam A.S diciptakan. Setelah Nabi adam diciptakan, iblis menjadi pembangkang dan menjerumuskan Nabi Adam, maka dikutuk dan dilaknat Allah dan diusir dari surga.

Demikianlah paparan asal mula Langit dan Bumi, Malaikat, Jin dan Iblis. Semoga menjadi pengingat dan bahan pembelajaran kita kepada generasi penerus umat islam, agar mengetahui cerita asal mula makhluk Allah SWT untuk kajian pemahaman agama islam. Semoga dapat menambah rasa iman dan taqwa kepada Allah SWT.
Bagikan Ini Ke :
Admin