MASIGNCLEAN103

Waktu-waktu Utama dalam Berdo'a Menurut Imam Ghazali

Do'a adalah saru cara seorang hamba untuk berkomunikasi dengan Allah SWT. Sekaligus menjadi bukti kelemahan dan ketidak berdayaan seorang hamba. Akan tetapi, terkadang manusia suka melupakan harapan ketika dirinya bergelimang dengan harta, seluruh keinginannya dipenuhi, dan diberikan nasib baik. Seakan-akan do'a hanya untuk orang yang susah saja.

Waktu-waktu Utama dalm Berdo'a Menurut Imam Ghazali

Berdo'a bisa dilakukan kapanpun dan di manapun. Akan tetapi, ada waktu dan momen tertentu yang sangat baik digunakan untuk berdo'a. Sebagaimana yang dijelaskan Imam Ghazali dalam Ihya Ulumuddin :

أن يترصد لدعائه الأوقات الشريفة كيوم عرفة منالسنة ورمضان من الأشهر ويوم الجمعة من الأسبوع ووقت السحر من ساعات الليل

Hendaklah mengamati atau memilih waktu-waktu yang baik untuk berdo'a. Di antara waktu yang baik berdo'a adalah hari Arafah, puasa Ramadhan, hari Jum'at, dan waktu menjelang Subuh.

Baca juga :
15 Tata Cara Dalam Berdo'a Agar Cepat Dikabulkan Allah SWT

Dan,

أن يغتنم الأحوال الشريفة قال أبو هريرة رضي الله عنه إن أبواب السماء تفتح عند زحف الصفوف في سبيل الله تعالى وعند نزول الغيث وعند إقامة الصلوات المكتوبة فاغتنموا الدعاء فيها 

Hendaklah mempergunakan kesempatan berdo'a pada keadaaan-keadaan yang mulia. Berdasarkan hadis riwayat Abu Hurairah, "Sesungguhnya pintu-pintu langit dibuka ketika perang fi sabilillah berkecamuk, turunnya hujan, ketika sholat wajib, maka perbanyaklah berdoa pada waktu itu".

Pada umumnya, do'a juga memiliki waktu dan momen tertentu yang dianggap lebih utama dibanding waktu yang lain. Hal ini bukan bermaksud untuk membatasi substansi do'a itu sendiri. Sebab bagaimanapun, do'a bisa dilakukan kapan dan di mana saja.

Oleh karena itu, kita sebaiknya tidak melewatkan kesempatan untuk berdoa kapan saja terutama ketika waktu-waktu yang afdhal itu.

Wallahu a'lam...

Demikianlah tentang Waktu-waktu Utama dalm Berdo'a Menurut Imam Ghazali yang bisa terpaparkan. Semoga dapat menjadikan wasilah pengingat dan pembelajaran kembali bagi kita semua dalam memahami dan mengamalkan apa yang sudah dijelaskan diatas.
Bagikan Ini Ke :
Admin