MASIGNCLEAN103

Inilah Do'a Menghilangkan Rasa Malas Yang Diajarkan Rasulullah

Rasa malas yang menghambat lancarnya aktivitas keseharian kita sangatlah merugikan sekali. Saat kesibukan menumpuk, namun rasa itu menjangkiti kepada kita, hasilnya apa yang harus kita kerjakan semakin menumpuk sedangkan waktu semakin sempit, kita akan mengalami kewalahan dalam menyikapinya.

Do'a Menghilangkan Rasa Malas

Ada dua keadaan yang sering kita lalaikan dalam kehidupan kita, dan Rasulullah memang sudah mengingatkan akan kelalaian seorang Muslim ketika mendapatkan dua anugerah ini, yaitu sehat dan waktu yang luang.

Di waktu sehat terkadang kita jarang memanfaatkannya untuk melakukan ibadah kepada Allah SWT. Di saat sakit tiba, barulah kita tersadar akan pentingnya kesehatan. Begitu pula dengan waktu yang luang, seringkali kita melalaikannya, namun tatkala ia pergi menghilang dan kita membutuhkannya, maka kita akan menyadari betapa tidak sepantasnya kita dalam menggunakannya.

Memang rasa malas mudah menyerang saat kedua kondisi di atas berlangsung, saat sehat kita malas bersyukur, saat memiliki waktu luang kita malas memanfaatkannya.

Selain itu, malas dalam beribadah dan berbuat ketaatan pun kadang ditunggangi oleh banyaknya maksiat yang kita lakukan. Nah, untuk menanggulangi atau mengusirnya, ada do'a yang diajarkan Rasulullah untuk menghilangkan rasa malas.
Dalam sebuah Hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari, dari Anas bin Malik radliyallahu 'anh menyebutkan bahwa Rasulullah shallallah SAW pernah memohon perlindungan dengan berdo'a :

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَرَمِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبُخْل

"Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari rasa malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut, dan aku aku berlindung kepadaMu dari pikun, dan aku berlindung kepadaMu dari sifat pelit".

Do'a yang disebutkan diatas, bisa kita amalkan dalam setiap sesudah sholat. Agar kita terhindar dari rasa malas yang sering menjangkit di diri kita, yang serimh menyebabkan kita menjadi lalai akan suatu pekerjaan dan terutama dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT. Dengan izin Allah, kita bisa terhindar dari rasa malas tersebut.

Demikianlah tentang do'a menghilangkan rasa malas yang diajarkan Rasulullah yang bisa terpaparkan. Semoga dapat menjadi wasilah pengingat dan pembelajaran kembali bagi kita semua dalam memahami dan mengamalkan apa yang sudah dijelaskan diatas.
Bagikan Ini Ke :
Admin