MASIGNCLEAN103

Sifat Allah SWT Dan Bukti Kasih SayangNya

Allah SWT adalah Tuhan Yang Maha Sempurna, tidak ada satu makhluk yang menyamai kesempurnaan Allah, sebab bagaimana pun baik dan sempurnanya seseorang menurut penglihatan kita, pasti ada sifat-sifat yang menunjukan kekurangannya. Kita wajib wajib percaya bahwa tidak ada satu makhluk yang menyamai kesempurnaan Allah. Hal itu dinyatakan Allah dalam Al-Qur'an :

Sifat Allah SWT Dan Bukti Kasih SayangNya

 لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ ۖ وَهُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

Artinya : "Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia (Allah) dan Dia-lah Maha Mendengar dan Maha Melihat". (Q.S Asy-Sura 11)

Selanjutnya dibawah ini akan dibahas beberapa sifat Allah SWT.

Allah SWT Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

Sifat Maha Pengasih biasa disebut sifat Ar-rahman, Sifat Maha Penyayang biasa disebut sifat Ar-Rahim,. Kita wajib percaya bahwa Allah memiliki kedua sifat yang baik ini.

Sifat-sifat Maha Pengasih dan Maha Penyayang Allah SWT kepada manusia itu diantaranya dinyatakan dalam Firman-Nya berikut ini :

 هُوَ الرَّحْمٰنُ الرَّحِيمُ

Artinya : "Dia-lah (Allah) yang maha Pengasih dan Maha Penyayang". (Q.S Al-Hashr 22)

Karena Allah SWT itu Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, maka apabila kita hendak melakukan apa saja (sesuatu pekerjaan) haruslah selalu ingat kepada-Nya, kapan dan dimanapun kita berada, sebagai tanda terima kasih, maka setiap kita akan melakukan pekerjaan disunnahkan membaca "Bismillahirrahmanirrahim". Sebagaimana Nabi Muhammad SAW pernah bersabda :

كُلُّ اَمْرٍذِيْ بَالٍ لَايُبْدَءُ بِبِسْمِ اللّٰهُ الرَّحْمٰنُ الرَّحِيْمِ وَهُوَاَقْطَعُ

Artinya : "Setiap urusan (sesuatu pekerjaan) yang mengandung kebaikan, tidak dimuylai dengan (membaca) "Bismillahirrahmanirrahim", maka terputus (amalannya)".

Bukti kasih sayang Allah SWT

Sebagai bukti bahwa Allah itu Maha Pengasih dan Maha Penyayang kepada manusia, dapat kita lihat pada kejadian alam ini. Allah menjadikan alam untuk didiami oleh manusia. Di atas tanah itu tumbuh pulabermacam-macam tumbuhan yang berguna bagi manusia, seperti : padi, sayur-sayuran, bunga-bungaan dan tetumbuhan yang buahnya lezat menjadi makanan bagi manusia, Allah menurunkan air hujan dan langit yang menyuburkan tumbuh-tumbuh itu. Selain itu air tersebut dapat diminum sebagai kebutuhan pokok manusia.

Baca juga :
Makna Taat Kepada Allah SWT Beserta Contohnya

Allah menjadikan lautan, di dalamnya terdapat banyak ikan untuk dijadikan lauk, tumbuh-tumbuhan yang dapat dimakan, demikian pula mutiara untuk perhiasan. Dengan air laut, maka manusia dapat membuat garam yang sangat dibutuhkan bagi kehidupan manusia.

Setiap hari kita dapat melihat matahari yang terbit di timur dan terbenam di barat yang menerangi bumi yang kita diami. Juga dapat kita saksikan bulan yang bercahaya menerangi bumi di malam hari. Dan masih banyak lagi benda-benda yang diciptakan Allah dan berguna bagi manusia.

Kita lihat pula kejadian diri manusia itu sendiri. Allah SWT menciptakan manusia dengan kejadiannya yang lengkap, bentuk tubuh yang indah dan dilengkapi dengan panca indra yang sempurna. Diberinya pula manusia itu akal atau pikiran yang tidak diberikan kepada makhluk yang lain. Allah memberikan kemampuanl kepada manusia untuk mengelola alam guna memperoleh hasil dari kegunaan yang bermanfaat bagi mereka, seperti mengelola tanah untuk ditanami, menangkap ikan di laut, mengeluarkan hasil tambang dari dalam bumi dan lain-lainnya.

Semua yang disebutkan di atas adalah tanda adanya kasih sayang Allah kepada manusia. Allah memberikan semuanya itu tanpa menghendaki balasan dan imbalan. Selain dan karunia pemberian Allah SWT. Yang disebutkafl di atas, sebagai tanda kasih sayang-Nya kepada manusia, Allah pun memberikan tuntunan hidup agar manusia itu selamat dan sejahtera di dunia dan akherat kelak. Tuntunan hidup tersebut ialah agama Islam yang dibawa dan dicontohkan oleh Rasul yang diutusnya guna menuntun manusia. Jadi diturunkannya agama Islam itu adalah tanda kasih sayang Allah agar manusia selamat dan sejahtera.

Demikian tentang Sifat Allah SWT Dan Bukti Kasih SayangNya yang bisa terpaparkan, semoga bisa menjadi wasilah pengingat dan pembelajaran kembali dalam memahami dan mengetahui sifat-sifat Allah SWT.
Bagikan Ini Ke :
Admin