MASIGNCLEAN103

Kenapa Anak Harus Berakhlaq dan Beradab ? Inilah Alasannya

Mempunyai anak-anak adalah dambaan dan kebanggan setiap sepasang suami istri. Dambaan mendapatkan anak dari hasil cinta kasih mereka setelah menempuh kehidupan baru menjadi sepasang suami istri. Dengan memiliki anak, bisa menjadi pelipur lara, pelengkap keceriaan rumah tangga, penerus cita-cita dan sekaligus investasi perlindungan ketika anak-anak yang dilahirkan sudah dewasa dan mereka sebagai orang tuanya sudah berusia tua.

Kenapa Anak Harus Berakhlaq dan Beradab ? Inilah Alasannya


Baca juga :
Inilah Pesan Rasulullah SAW dalam Melaksanakan Pernikahan

Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri kenyataan hidup di dunia ini memberikan kenyataan, bahawa anak-anak yang lahir dari sepasang suami istri itu bisa membuat orang tuanya menderita baik di dunia dan bahkan ketika kedua orang tuanya sudah tidak ada lagi. Na’udzubillah.

Penyebabnya bermacam-macam. Baik dari segi tabiat kedua orang tuanya yang menurun kepada anak-anak yang dilahirkan, dan juga dari segi lingkungan tempat keluarga tersebut beraada.

Maka dari itulah, kita sebagai orang tua atau calon orang tua dari anak-anak yang dilahirkan, sudah seharusnya bertafakur dan berusaha untuk merubah diri menjadi lebih baik lagi, dan mengupayakan agar anak-anak kita tidak membuat kita menderita baik didunia dan di akhirat kelak.

Upaya yang harus kita lakukan adalah dengan mendidik anak-anak untuk mempunyai Akhlak atau Adab. Kenapa Akhlak dan Adab ?

Didalam kitab Akhlaq Lilbaniin Awal karangan Syaikh Umar Baradja, menerangkan :

بماذا يتخلّق الولد؟


يجب على الولٍَِِِد ان يتخلّق باالاخلاق الحسنة من ِصٍِغَره ليَعيش محبوبًا فى كيره يرضى عنه ربّه ويحبّه اهله وجميع النّاس
ويجب عليه ايضًا ان يستعد عن الاخلاق القبيحة كيلا يكون مكروهًا: لايرضى عنه ربّه ولايحبّه اهله ولا احدٌ من النّاس

1. Wajib beradab kepada setiap anak dengan adab yang baik semenjak dari kecil

Kewajiban ini berguna untuk kehidupan anak dimasa sudah besar dan dewasa. Ia kan disukai oleh teman-temannya. Ia akan mendapat keridhaan Allah SWT, disukai oleh keluarganya, dan disukai oleh setiap orang yang ia temui.

2. Wajib menjauhi adab buruk kepada setiap anak semajak dari kecil

Kewajiban ini berguna untuk kehidupan anak dimasa sudah besar dan dewasa. Karena jika ia tidak menjauhi, ia akan mendapatkan kebencian dari teman-temannya. Ia tidak akan mendapatkan keridhaan Allah SWT. Ia tidak akan disukai oleh keluarganya, dan tidak sukai oleh setiap orang yang ia temui.

Dengan mendidik anak-anak dengan dua kewajiban diatas, kita sebagai orang tua bisa menghindarkan diri kita dari penderitaan menjadi orang tua di dunia dan diakhirat.  Karena dengan memiliki anak-anak yang berakhlaq dan beradab yang baik, akan mempengaruhi keshalehan dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, dan beragama.

Demikianlah Alasan Kenapa Anak Harus Berakhlaq dan Beradab yang bisa dipaparkan, semoga dapat menjadi wasilah gambaran pembelajaran bagi kita semua dalam mendidik anak-anak agar mempunyai adab dan akhlkaq yang baik.
Bagikan Ini Ke :
Admin