MASIGNCLEAN103

Ajaran Nabi Muhammad SAW Di Bulan Ramadhan

Dari beberapa sunnah penting dari penanggalan islam terdapat ajaran- ajaran yang ada pada bulan Ramadhan. Sebagai umat Nabi Muhammad SAW, sudah sepatutnya kita mengetahui dan mengamalkan ajaran yang disampaikannya. Adapun beberapa ajaran yang terdapat pada bulan Ramadhan adalah sebagai berikut :

Ajaran Nabi Muhammad SAW Di Bulan Ramadhan, Ramadhan

1. Adalah Wajib berpuasa di dalam bulan ini. 
2. Berpuasa adalah berhenti dari makan, minum dan berhubungan suami istri sejak terbit fajar shadiq sampai matahari terbenam dengan niat berpuasa.
3. Shalat Tarawih adalah sunnah muakkad.
4. I'tikaf ( tinggal didalam masjid ) pada 10 hari terakhir adalah juga sunnah muakkad. Tetapi berbeda dengan tarawih, jika beberapa orang dari kampung melakukan I'tikaf, orang-orang lain ( dari kampung itu ) juga akan dibebaskan dari dosa.
5. Lailatul Qodr ( malam kemuliaan ) sebaiknya dicari dari malam-malam ganjil mulai dari 10 hari terkhir Ramadhan.
6. Ibadah di  malam Al-Qodr adalah lebih baik daripada ibadah 1000 ( seribu ) bulan.
7. Do'a berikut ini adalah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Sebaiknya sering-sering dibaca.

اللّهمّ انّك عفوٌّتحبّ العفوفاعف عنيّ

Artinya : " Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, Engkau suka memaafkan, maka maafkanlah aku ".


8. Zakat Fitrah sebaiknya diberikan kepada orang miskin dan yang membutuhkan sebelum 'Ied. Zakat Fitrah adalah wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun perempuan, orang tua maupun anak-anak, juga orang yang merdeka maupun hamba sahaya. Sebaiknya diingat bahwa zakat fitrah ini adalah untuk membersihkan ( mensucikan ) diri bagi orang-orang yang berpuasa di bulan Ramadhan.

Demikianlah ajaran Nabi Muhammad SAW di bulan Ramadhan yang bisa terpaparkan. Semoga dapat menjadi wasilah pembelajaran kembali bagi kita semua selaku umatnya. Dan semoga kita bisa menjalankan ajaran-ajaran yang beliau ajarkan, sebagaimana yang sudah dijelaskan diatas.
Bagikan Ini Ke :
Admin